Ini Yang Harus Dilakukan Saat Terkena Covid

“Meskipun vaksinasi Covid-19 tidak diwajibakan, tapi hal ini sangat direkomendasikan. Tidak ada satu orang pun yang terlindungi hingga semua orang telrindungi,” tulis WHO. “Kami tidak tahu persis berapa lama vaksin akan melindungi kita setelah divaksinasi sepenuhnya. Tapi, CDC dan para ahli masih bekerja untuk menentukan jawaban atas pertanyaan ini dan akan terus memberi tahu kita tentang perubahan apa pun”.

Namun, sebelum Anda mengakhiri isolasi mandiri dan kembali beraktivitas, tetap lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda sudah memenuhi kriteria sembuh dari COVID-19. Gejala awalinfeksi COVID-19 bisa menyerupai gejala flu, yaitu demam, pilek, batuk kering,sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala dapat hilang dan sembuh atau malah memberat. Penderita dengan gejala yang berat bisa mengalami demam tinggi, batuk berdahak atau berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%, terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum. Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Gejala resmi Covid-19 antara lain demam atau kedinginan, batuk, sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, nyeri otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan rasa atau bau baru, dan sakit tenggorokan.

Sekali lagi, karena ternyata, antara penderita yang satu dengan yang lainnya memiliki gejala yang tidak selalu sama. Kemudian berkait dengan orang-orang yang memiliki keterbatasan, sepertihalnya anak-anak, jompo dan sebagainya, peran orang-orang terdekatnya menjadi sangat menentukan, untuk membantu mengguide pada situasi-situasi tertentu. Ada juga penderita Covid-19 lain yang mengalami nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, pilek, atau diare.

Mengapa orang bisa terkena covid

Preventif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker ganda saat menerima paket, serta bersihkan barang kiriman sebelum dibawa masuk ke rumah. Setelah vaksinasi, tenaga kesehatan biasanya meminta penerima vaksin menunggu sekitar 15 menit di lokasi untuk memastikan tidak ada reaksi atau KIPI yang bersifat segera. Yang dimaksud dengan faktor sosial adalah interaksi sosial dengan komunitasnya, touring dan kegiatan lain yang sifatnya melibatkan orang oarng banyak dalam kegiatan.

Menurut riset, virus corona sensitif terhadap panas dan dapat secara efektif dinonaktifkan oleh pelarut lipid dengan suhu setidaknya 56℃ selama 30 menit. Selain itu bisa juga dinonaktifkan dengan eter, alkohol 75 persen, disinfektan yang mengandung klorin, asam peroksiasetat, dan kloroform. Dilansir dari Asian Nikkei Review, Situs Bola Online berita tersebut langsung meresahkan warga Tiongkok yang akan melakukan perjalanan pulang kampung untuk merayakan Tahun Baru Imlek pada 25 Januari 2020. Virus ini terasa semakin menakutkan bagi warga karena berkaitan dengan Sindrom Pernapasan Akut Berat yang pernah menewaskan hampir 650 orang di Tiongkok dan Hong Kong pada 2002 dan 2003.

“Ketika gejala benar-benar terjadi, demam dan batuk masing-masing muncul pada sekitar persen pasien,” lanjutnya. Di seluruh dunia, vaksin secara umum akan dinyatakan layak digunakan dengan tingkat efektivitas persen dan kekebalan terhadap penyakit minimal bulan. Vaksin yang tidak memiliki perlindungan penuh dan seumur hidup, bukan berarti vaksinnya tidak efektif, namun memerlukan imunisasi ulangan. Melalui tahapan pengembangan dan pengujian vaksin yang lengkap, efek samping yang berat dapat terlebih dahulu terdeteksi sehingga dapat dievaluasi lebih lanjut. Manfaat vaksin jauh lebih besar dibandingkan risiko sakit karena terinfeksi bila tidak divaksin. WHO menganjurkan agar masyarakat berkonsultasi dengan dan mematuhi otoritas setempat tentang praktik-praktik yang dianjurkan di daerah masing-masing.

Cara penularan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 ialah melalui kontak dengan droplet saluran napas penderita. Droplet merupakan partikel kecil dari mulut penderita yang mengandung kuman penyakit, yang dihasilkan pada saat batuk, bersin, atau berbicara. Droplet bisa menempel di pakaian atau benda di sekitar penderita pada saat batuk atau bersin. Namun, partikel droplet cukup besar sehingga tidak akan bertahan atau mengendap di udara dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, orang yang sedang sakit, diwajibkan untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran droplet.

Sampai saat ini, para ahli masih terus melakukan penyelidikan untuk menentukan sumber virus, jenis paparan, dan cara penularannya. Lantas, apakah seseorang bisa terinfeksi COVID-19 bila sudah divaksin? Dia menegaskan, vaksin bukan jaminan orang tidak akan terinfeksi COVID-19, melainkan sarana membentuk antibodi guna memberikan perlindungan terhadap serangan virus. Proses pembentukan antibodi tidak berlangsung sekejap, itulah mengapa sebagian besar vaksin butuh hingga dosis dua kali agar perlindungan maksimal. Dari sejumlah kasus reinfeksi COVID-19 juga belum bisa ditarik kesimpulan karena jarak antara infeksi pertama dan kedua yang dilaporkan bervariasi. Rutin mencuci tangandengan air dan sabun atauhand sanitizeryang mengandung alkohol minimal 60%, terutama setelah beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum.

Beberapa anjing dan kucing yang berkontak dengan manusia yang terinfeksi dinyatakan positif COVID-19. [newline]Dalam eksperimen, kucing dan musang dapat menularkan infeksi ke hewan lain dari spesies yang sama, tetapi tidak ada bukti bahwa hewan-hewan ini dapat menularkan penyakit ke manusia dan berperan dalam menyebarkan COVID-19. COVID-19 menyebar terutama melalui percikan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk, bersin, atau berbicara. Ketika seseorang batuk, bersin, atau bicara, orang tersebut mengeluarkan percikan dari hidung atau mulutnya dan percikan ini dapat membawa virus. Jika Anda terlalu dekat, Anda dapat menghirup percikan ini dan juga virus COVID-19 jika orang tersebut terinfeksi penyakit ini. • Tetap jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, termasuk anggota keluarga. • Jika seseorang melakukan isolasi mandiri, artinya orang tersebut sedang sakit namun tidak parah • Sediakan kamar sendiri yang besar dengan sirkulasi udara yang baik dan dilengkapi sarana mencuci tangan dan toilet.

Published
Categorized as LIP 4